kesehatan,pendidikan,kuliner,olahraga,sejarah

Sabtu, 17 Februari 2018

Senam

Ada yang bilang senam zumba lebih baik daripada aerobik, namun sebetulnya masing-masing memiliki kelebihan tersendiri dan kembali kepada kita, mana yang lebih kita sukai. Yuk cermati beberapa kelebihan dan karakter masing-masing:
1. Menurunkan berat badan
Beberapa wanita memilih memulai senam karena ingin menjaga kebugaran, namun yang terbanyak adalah karena ingin menurunkan berat badan. Biasa deh kalau sudah emak-emak rempong dan kemudian banyak yang diurus di rumah maupun di kantor akhirnya kompensasinya ke ngemil dan badan jadi melar deh. So kalau untuk kriteria menurunkan berat badan, ini perlu kamu cermati:
Berat badan kita bisa turun kalau jumlah kalori masuk ke tubuh lebih sedikit daripada kalori keluar, dengan melakukan aktifitas senam secara rutin akan membakar kalori kita lebih banyak dan pada kondisi tertentu bila kita sudah berkeringat dan lelah maka tubuh akan membakar lemak cadangan.
Namun untuk bisa berolahraga dan membakar lemak cadangan secara terus menerus membutuhkan rasa fun yang biasanya lebih nyaman dengan melakukan senam yang mengikuti lantunan music. Senam zumba maupun senam aerobik keduanya sangat membantu membakar lemak dalam tubuh kita, dan bila dilakukan secara rutin dalam satu jam senam zumba akan membakar lemak berkisar 350 -- 650 kalori, sedangkan senam aerobik akan membakar lemak 365 -- 665 kalori. Besarannya bervariasi karena juga bergantung pada intensitas dan jenis gerakan.
Penilaian sementara: pada kriteria menurunkan berat badan, senam aerobik dan senam zumba berimbang.
2. Hiburan dan fun
Senam aerobik memiliki musik yang bervariasi, namun gerakan-gerakannya cenderung mengikuti hentakan musik dan ritmis. Sementara senam zumba sangat jauh lebih menghibur, karena gerakannya adalah tarian. Serta sangat cocok untuk dikombinasikan dengan berbagai tarian latin lainnya seperti salsa, cumbia, chachacha, bachata, meringue, reggaeton dan bahkan banghra. Rasanya seperty party! bukan latihan senam.
Penilaian sementara: pada kriteria hiburan dan fun skor senam zumba berada jauh diatas dibandingkan senam aerobik.
3. Pembentukan otot

Membentuk otot membutuhkan gerakan-gerakan yang ritmis dan terus menerus dilakukan, pada poin ini senam aerobik lah yang muncul sebagai jawara, sementara senam zumba memang kecenderungan pada tarian sehingga kurang maksimal dalam membentuk otot-otot.
Penilaian sementara: senam  aerobik unggul pada kriteria pembentukan otot.
4. Model baju senam dan aksesorisnya
zumba maupun aerobik tidak dapat dipisahkan dari fashion, dan kalau ngomongin fashion baju senam nih. Pendapat pribadi saya baju senam zumba lebih keren dan bervariasi modelnya. Aksesorisnya pun lengkapi mulai dari topi zumba, gelang zumba bahkan sepatu zumba, mau dipake jalanpun tetap keren. Baju senam aerobik banyak pilihan juga sih, tapi ya nuansanya masih lebih kearah sporty.
Tambahan:berikut referensi toko online untuk baju senam wanita baik zumba maupun aerobik.
Kesimpulan akhir: kalau yang kita inginkan adalah olahraga dengan mengedepankan sisi fun, layaknya party maka senam zumba adalah pilihan yang tepat. Sementara senam aerobik sangat cocok bagi yang menginginkan pembentukan otot-otot tubuh sehingga badan terlihat seksi dan atletis. Keduanya sama-sama dapat membakar lemak dan menghabiskan kalori 365 sampai dengan 665 dalam durasi waktu latihan satu jam.
 Selanjutnya pilihan ada pada anda? Yang terpenting adalah segera memulai dan lakukanlah secara rutin. Ada kriteria tambahan antara senam zumba versus senam aerobic, yuk diskusikan disini!
Sumber: Google

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Makanan Ringan

10 Ide Bisnis Makanan Ringan untuk Pemula ...